Jelajah
IMG-LOGO

Kunjungan PKK Desa Pandanretno Ke Desa Kaliurang

Create By 14 April 2017 8 Views

Pada Hari Senin, 10 April 2017 Sebanyak 8 Pengurus Tim Penggerak PKK desa Pandanretno Kecamatan Srumbung melakukan kunjungan kerja ke desa Kaliurang. Saat berada di Desa Kaliurang, rombongan dipimpin Ketua TP PKK Desa Pandanretno dan didampingi seluruh pengurus harian dan pokja TP PKK Desa Pandaretno.

Ketua TP PKK Desa Pandanretno, dalam kesempatan tersebut  mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah Desa kaliurang dan jajaran TP PKK Desa Kaliurang  yang telah menerima dengan baik kedatangan mereka, tak lupa memohon maaf apabila dalam kunjungan tersebut terdapat hal-hal yang tidak berkenan di hati tuan rumah.

“Tujuan kunjungan kerja ini, dalam rangka mempererat ikatan silaturahmi serta meningkatkan ilmu pengetahuan sekaligus menambah wawasan kepada seluruh pengurus TP PKK Desa yang sebagian besar baru dilantik, harapannya selepas pulang  sebagai bekal untuk bisa mengimplementasikan di pokja masing-masing,’’ ungkap Ketua TP PKK desa Pandanretno.

“Kami ingin menambah terus ilmu pengetahuan dan wawasan bagi tim penggerak  PKK desa kami agar bisa maju dan berkembang sesuai dengan kegiatan program 10 pokok PKK,“ tandasnya.
Dalam kesempatan itu ia berharap sepulang dari dari kunjungan kerja ini, para pengurus bisa meniru dan menerapkan serta diikuti di desa masing-masing dan memiliki nilai tambah.

”Karena para pengurus ini adalah sebagai garda terdepan yang turun langsung untuk membina masyarakat agar lebih baik maju dan berkembang,’’ ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Kaliurang Ibu Kiptiyah dalam sambutannya,mengucapkan terima kasih atas kedatangan Para pengurus TP PKK Desa Pandaretno telah menjadikan desa Kaliurang sebagi tempat kunjungan ke lapangan. juga menjelaskan bahwa Pemerintahan Desa Kaliurang dalam rangka pemberdayaan masyarakat menjadikan ibu-ibu bagian PKK sebagai ujung tombak masyarakat di pedesaan, dimana dalam menjalankan kegiatan PKK sebanyak  9 kewenangan dilimpahkan kepada PKK desa.

Selanjutnya alokasi yang anggaran diberikan kepada PKK berupa anggaran rutin dan unggulan setiap tahunnya sudah masuk di RPJMDesa untuk mendukung segala kegiatannya berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan keluarga. keberhasilan dan prestasi yang diihasilkan di desa Kaliurang tidak lepas dari peran serta dari Tim Penggerak PKK desa itu sendiridalam menjalankan 10 progam pokok PKK.

Sedangkan Ketua TP PKK Desa Kaliurang Endang Purwati mengatakan, Desa Kaliurang terdiri dari  5 dusun, 6 posyandu balita dan 2 posyandu lansia. Dalam menjalankan program 10 pokok PKK di desa Kaliurang sifatnya hanya pembinaan dan silaturahmi, pertemuan rutin dilaksanakan setiap bulan di Kantor Desa  dan Rakor sekali setahun digelar sebagai saranan monitoring, evaluasi sekaligus perencanaan program. untuk melihat sejauh mana kegiatan pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) di masing-masing Dusun dan Pokja. selanjutnya Endang mengatakan,dalam menjalankan program kegiatan PKK bersinergi dengan lembaga desa yang lain dalam membangun keluarga sejahtera. “Jadi dalam menjalankan program pokok PKK tidak bekerja sendiri-sendiri sehingga 10 program pokok PKK  dapat terlaksanakan secara menyeluruh, “ pungkasnya.

IMG
IMG
IMG